Wednesday 2 September 2015

Daerahku (Budaya, Makanan, Ciri khas)



Tentang daerahku...
Aku sejak lahir sudah berada didaerah tersebut. Keluargaku dan saudara/i ku berdomisili disana. Daerahku terkenal dengan sebutan ‘Kota Santri’. Aku bangga dengan julukan tersebut dan kita harus menerapkannya bukan sebagai seseorang yang beragama Islam. Hm…  Coba tebak apa hayo nama daerahku?! 50% jawaban anda benar dan 50% jawaban anda salah –hihihi-. 


Nama daerahku ialah Kota Gresik. Di Gresik sendiri ada dua wali yang terkenal yaitu Sunan Giri dan Maulana Malik Ibrahim. Dan banyak sekali makam para wali,ulama dan leluhur jadi tidak salah dengan julukan sebagai kota santri.
Selain  sebutan tersebut, kota Gresik juga mempunyai julukan Kota Industri. Gresik merupakan salah satu kawasan pendapatan perkapita tertinggi. Sangking banyaknya polusi di Gresik semakin meningkat, itu menyebabkanku ingin enyah dari sana. Tapi apalah, seperti yang kujelaskan diatas keluargaku banyak di Gresik. Budaya disini yang terkenal ialah  
Ada beberapa budaya di Gresik, yang saya ketahui. Diantaranya ialah, Pasar Bandeng. Apasih pasar bandeng itu? Penasaran? Ya sesuai dengan namanya. Pasar bandeng ialah pasar yang isinya ikan Bandeng yang beratnya sampai berkilo-kilo gram. Tidak hanya bandeng, di pasar bandeng juga ada pedagang baju, pedagang mainan dll. Pasar bandeng hanya diadakan setahun sekali yaitu pada saat H-3 sebelum Lebaran atau Hari Raya Idul Fitri. Selain itu ada juga Malam Selawe, selawe dalam bahasa jawa bermakna dua puluh lima dimana malam ke 25 pada bulan Ramadhan. Dimasing-masing Desa, ada beberapa hal yang dilakukan oleh masyarakatnya. Yaitu ada yang mengadakan pengajian,pameran, dll.
Makanan khas Gresik yaitu Nasi Krawu. Nasi krawu itu sejenis nasi yang pulen dan penyajiannya dengan daun pisang yang dibungkus dengan kertas. Pada umumnya, lauk nasi krawu berupa sayatan daging sapi dan ditambahi dengan serundeng dan sambal. Namun ada juga yang lauknya berupa sayatan daging ayam.
Sekilas itulah tentang daerah Saya, semoga anda berminat berkunjung kesini dan tidak menyesalinya :)))) ^_^

No comments:

Post a Comment